Rabu, 05 Oktober 2016

Resmi Menjadi Penganggur

Rabu, 05 Oktober 2016

Selama Blog ini 'mati', banyak sekali cerita yang terlewat tidak dituliskan. Bermacam-macam kejadian terjadi di bagian kehidupanku. Termasuk pekerjaan. Ya, Saat ini Puji Syukur Alhamdulillah aku sudah bekerja. setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya aku bekerja. Tapi saat ini aku akan bercerita mengenai proses sebelum bekerja, mari disimak :D

Panjang ceritanya, sampai aku mendapatkan pekerjaan ini. Dimulai ketika aku resmi menjadi Alumni di Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Kesehatan Lingkungan. Saat itu setelah pulang dari acara "Wisuda" di Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) status ku berubah, dari Mahasiswa menjadi Pengangguran. Aku ingat betul saat itu aku memakai Jas Hitam Terkeren Ku, mungkin gagah sekali jika kalian melihatnya hehe Kemudian dibalut Jubah Hitam Panjang ditambah Topi Berbentuk Segi Lima dengan tali yang tergurai dan aku bentangkan di sisi kiri depan topiku. Saat itu teman-teman seangkatanku terlihat berbahagia sekali. Senyum Bahgia terlihat dari setiap orang yang aku lihat, bahkan beberapa orang terlihat menitikan air mata, mungkin air mata kebanggaan. Pokonya Hari itu Sabuga menjadi 'Sabuga Ceria'.

Aku Ingat Betul Saat Pemandu Acara memanggil namaku. "PERMADI ALAM AKBAR". Aku terhenyak, menarik nafas, lantas berdiri lalu bergegas menuju Panggung. di perjalanan menuju Panggung Aku merasa semua orang melihatku. Ruangan sebesar ini, entah berapa ratus orang dan entah berapa ribu mata yang memperhatikan langkahku menuju panggung. Aku sempat melihat kepada mereka, lalu cepat-cepat membuang pandangan, karena aku tahu kalau aku melihat terus ke arah mereka, mungkin aku akan grogi. Pandanganku kini fokus ke Panggung, disana sudah ada dua sosok petinggi di Kampusku. Yang satu adalah Ketua Jurusan dan yang satu lagi adalah Direktur. Mereka terlihat tersenyum saat kakiku menginjak tangga pertama. Di Tangga kedua Aku menunduk, memperhatikan langkah. sampai lah aku diatas Panggung. Disana Aku diberikan (Cover) Ijazah. cepat-cepat aku simpan di lengan kiriku. Lalu berjalan satu langkah, sampah akhirnya aku berada di depan Ketua Jurusan Ku. Dia tersenyum, lantas memeluku sebentar, mengucapkan "Selamat Di". Aku tersenyum lalu menjawab "Terimakasih Pa". kemudian Bergeser satu langkah, didepanku sudah nampak orang nomor satu di Kampus, yaps Direktur Poltekkes Bandung. Beliayu tersenyum, aku menyalaminya sambil menunduk, kemudian ia memindahkan tali yang ada di topiku ke bagian kanan depan topiku.

Momen itu sebenarnya adalah initi dari 'Wisuda', memindahkan tali topi toga, dari kiri ke kanan. Simpel bukan? Sekolah 3 tahun aku lalui, aku lulus dengan hanya memindahkan tali topi Toga dari kiri ke kanan, jahaha. Berasa Gimana Gitu... 

Tapi Tidak Begitu sebenarnya, selalu ada makna terselubung dari kegiatan simpel itu, makna nya sangat dalam. Kata Orang pemindahan tali dari kiri ke kanan artinya pemindahan pikiran dari Otak kiri ke Kanan. Kalian Tahu? teori tentang Otak? Yaps, Otak Kiri adalah otak yang berhubungan dengan Logika, Hitungan dll, sedangkan Otak Kanan Berhubungan dengan daya Imajinasi, Kreativitas dll. Anggaplah selama masa perkuliahan, Mahasiswa dianggap lebih banyak menggunakan Otak Kiri dari pada Otak Kanan. Nah, di wisuda ini, Mahasiswa diibaratkan dipindahkan pemikirannya, bukan hanya menggunakan otak kiri tetapi otak kananpun harus digunakan. Mungkin seperti itulah Maknanya. Kalo kalian kurang jelas, search di google saja, ada ko hehe.

Berbeda dengan Pemikiranku. Pemindahan Tali Topi Toga dari kiri ke kanan, artinya aku resmi menjadi pengangguran. setuju? Alasannya adalah, pemindahan tali dari kiri ke kanan artinya aku dianggap lulus dan melepas status dari Mahasiswa menjadi Bukan Mahasiswa lagi. yaps Bukan Mahasiswa alias Pengangguran. 

Hal ini mungkin hanya terjadi untuk Diriku, karena ada beberapa teman seangkatanku yang saat wisuda dia sudah bersetatus sebagai pekerja. Artinya untuk mereka yang sudah bekerja saat wisuda Pemindahan Tali Topi Toga dari kiri ke kanan adalah beralihnya status dari mahasiswa ke pekerja.

Berbeda-beda pandangan Bukan? yang jelas Bagiku Wisuda adalah Acara Peresmian menjadi pengangguran hahaha. Tapi Saat ini, aku sudah bekerja, Alhamdulillah, Setelah lama menggur akhirnya aku resmi menjadi pekerja. itu artinya semua status sudah kusandang, dari mulai 'Siswa', 'Mahasiswa', 'Pengngguran' dan 'Pekerja'. Harapan ku selanjutnya setelah 'Pekerja' adalah 'PENGUSAHA'. Aamiin Doakan Teman-teman :)


PAKAIAN INI MENJADI SAKSI, PERESMIAN KU MENJADI PENGANGGURAN :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KELAHIRAN GAVIN

Sudah lama sekali tidak menulis, padahal banyak momen yang menarik yang seharusnya tertulis tetapi berlalu begitu saja. Saking lamanya tidak...