Kamis, 10 Januari 2019

SUKABUMI dan PESONANYA


Sebentar lagi aku akan keluar dari pekerjaanku di Sukabumi. Kurang lebih satu tahun sudah aku tinggal disini. Di tempat ini cukup banyak cerita yang menarik (terkadang sengsara hehe). Dikota ini aku mengenal banyak orang baru, tentunya dengan karakter yang berbeda-beda. Bukan saja orang sunda tapi orang dari berbagai daerah ada disini, sebutlah jawa, medan, padang, ambon bahkan papua ataupu orang-orang asing, kebanyakan dari Cina. Ternyata apa yang orang bilan tentang sifat orang China itu benar. setalah mengalami sendiri ternyata benar mereka sedikit kurang bisa berbagi (alias pelit hehe)

Sukabumi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Bandung, orang-orang disini masih satu adat dengan Bandung, sama-sama suku Sunda. Dari bahasa dan kebiasaan pun hampir sama, jadi aku sendiri tidak terlalu sulit untuk dapat berkomunikasi dan menyesuaikan diri dilingkungan sini, yang unik adalah bahasa disini, aku menemukan ada beberapa bahasa yang tidak aku temukan di Bandung, seperti Sangeuk, wegah, nyaneut, cedeum, tanginas dan bahasa yang populer disini yang diklaim bahasa anak muda disini pastinya gaul hehe yaitu “bagoy”. Bahas-bahasa tadi memang masih bahasa Sunda, namun di Bandung sudah tidak umum digunakan, atau memang aku saja yang kuper a.k.a kurang pergaulan hehe. Tapi tidak masalah, secara keseluruhan bahasa yang digunakan sama, Bahasa Sunda.

Sudah setahun kurang aku hidup disini, terhitung sejak Februari 2017 sampai sekarang. Aku bekerja untuk sebuah Perusahaan Elektronik di sekitar Cibadak, Sukabumi, Perusahaan ini adalah perusahaan milik asing, yang dipimpin oleh orang-orang mandarin, tak tahu pasti apakah milik orang China atau Taiwan, yang jelas bos-bos diperusahaan ini bermata sipit, bertubuh jangkung besar seperti orang-orang di China. Entah kenapa kalau melihat orang dengan ciri-ciri seperti itu aku reflek menjawab orang China. Padahal belum tentu, contohnya saja bos di divisiku memiliki ciri-ciri seperti itu, tapi dia bukan orang China, dia berkewarganegaraan Malaysia. Ah, orang-orang china memang ada dimana-mana. Yasudah Anggap saja China hehe

Disini aku tinggal disebuah kostan yang dekat dengan perusahaan. Kostan ini milik satu keluarga sederhana. Aku biasa memanggil mereka dengan  Pak Makmur dan Bu yani yang hidup bersahaja. Sedikit gambaran mengenai Kostanku, Kostanku adalah sebuah rumah milik keluarga, namun beberapa kamarnya memang sengaja disewakan. Di depan kostanku ada sebuah sebidang tanah kosong yang ditanami rumput, rumput ini selalu rapi karena disana sering dipakai anak-anak untuk bermain atau terkadang mendirikan panggung untuk acara pernikahan atau acara Agustusan. Kostan ku berada didepan lapang itu, didepannya ada beberapa tanaman yang tumbuh cukup tinggi, mungkin sengaja ditanam oleh pemilik kosan agar orang-orang yang melewati kostanku tidak leluasa melihat kedalam. Kostanku berukurang kurang lebih 3 X 3 Meter, ukuran yang menurut ku kecil, namun pas dengan kantong. Sebulan hanya Tiga Ratus Ribu Rupiah. 

Kamar mandi diluar dan cukup jauh dari kamarku, jika kamarku berada didepan sebelah kanan, maka kamar mandi berada di belakang bagian kiri rumah, jadi aku harus memutari rumah dahulu untuk bisa ke kamar mandi, cukup jauh memang hanya untuk sekedar BAK atau Mencuci, tapi pantas lah untuk harga yang harus aku keluarkan satu bulan. Kemudian didalam kostanku terdapat banyak barang pribadi dari mulai peralatan elektronik, peralatan makan, peralatan menulis, dan peralatan-peralatan lainnya yang bisa menunjang kehidupanku.

Kostanku adalah satu potong dari banyaknya potongan kehidupanku selama diSukabumi ini. Selain kostanku, masih banyak yang ingin aku bagikan didalam blog ini, namun akan kupilih salah satu topik saja yang paling menarik. Saya adalah Pria Tulen, rasanya kurang Afdol jika tidak menceritakan tentang Bidadari-bidadari asal sukabumi ini. Sedikit saya akan ceritakan tentang perempuan sukabumi hehe

Kebetulan perusahaanku bekerja merupakan perusahaan berjenis padat karya, artinya perusahaan ini mengutamakan tenaga manusia daripada tenaga mesin, bahan dan peralatan. Tetapi bukan tidak ada mesin, bahan dan peraltan namun, kebanyakam memang dikerjakan oleh manusia. Dan kebetulan lagi perusahaan ini kaya akan perempuan. Alias tenaga kerjanya kebanyakan merupakan perempuan. Jadi ingat  Temanku pernah berceloteh “pabrik susu” katanya. Susu itu loh. You know what i mean :D

Jika pria didaerah lain mungkin sering menyebutkan bahwa Perempuan lokal yang paling cantik berasal dari Bandung, alias mojang-mojangnya pada cantik. Tetapi aku sebagai orang bandung berpikir semua perempuan sama saja, malah dari setiap daerah memiliki kecantikan khasnya masing-masing. Sebutlah Sukabumi ini. Cantik memang perempuan dari daerah ini, namun yang membedakan dengan perempuan Bandung yaitu perempuan asal sukabumi lebih “Ayu” dalam artian kecantikannya lebih alami dan masih sedikit sekali dipoles oleh bahan-bahan perabot kecantikan, ada sih yg makeupnya tebal tapi tidak banyak.  :D

Aku ini sebenarnya pria pemalu, namun semalu-malunya pria jika disimpan di gudang perempuan pasti akan berani juga hehe. Sempat aku berhubungan dekat dengan perempuan dari daerah ini. Dari sekian ribu yang aku temui, aku sortir sampai kepada beberapa orang perempuan. Tidak pernah ada ikatan alias pacaran, aku sengaja hanya dalam tahap pendekatan sehingga dapat dengan bebas berkenalan dengan perempuan lainnya. Ya biar bebas gitu haha, jika anda pembaca tulisan ini adalah seorang wanita, anda harus tahu kalau sifat alamiah laki-laki kebanyakan seperti itu. Jangankan saya yang masih bujang, yang sudah menikahpun banyak aku temui yang masih kelayapan genit dari satu perempuan ke perempuan lain J uupss hehe

Anyway, intinya perempuan itu gak ada yang ganteng  hehe. Semuanya cantik. Tidak ada yang namanya perempuan didaerah a lebih cantik dari perempuan didaerah b atau c. Semuanya cantik, semuanya punya ciri khas masing-masing. Mohon maaf jika dalam tulisan ini banyak menyinggung pihak-pihak tertentu, tidak ada maksud untuk menyinggung disini aku Cuma berusaha berbagi apa yang aku rasakan. Dan semua yang aku tulis disini murni berdasarkan sudut pandang dan sudut pemikiran pribadi. Wajar jika akan berbeda dengan anda hehe atau juga akan sama. Yaaah aku gak peduli. Tapi semoga tulisan ini menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang

Thanks For Coming to my blog J

Oh iya, aku juga pernah pacaran dengan perempuan Sukabumi (read: mantan). Cantik sih cuma sudah lama putus hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KELAHIRAN GAVIN

Sudah lama sekali tidak menulis, padahal banyak momen yang menarik yang seharusnya tertulis tetapi berlalu begitu saja. Saking lamanya tidak...