Minggu, 01 Maret 2015

Jurusan Tercinta :*


Nama saya Permadi Alam akbar, panggil saja Akbar ganteng :p. Umur saya 17 tahun di 3 tahun yang lalu, sekarang menginjak 20 tahun lebih 4 bulan dan beberapa hari.  Saat ini, saya Tercatat sebagai mahasiswa tingkat akhir jurusan kesehatan lingkungan Poltekkes Bandung. Ya saya adalah mahasiswa tingkat akhir, seperti umumnya sedang bertarung dengan tugas akhir dan berjuang keras untuk lulus meninggalkan status sebagai mahasiswa. 

Saya menulis ini dalam keadaan yang sadar, dan sedang pusing pusing nya mengurus penelitian. Dari pada pusing ngurusin bab demi bab yang kian dipikir kian banyak kurangnya sampai bisa bikin semangat karena memang  mentok, dan memohon dosen untuk membimbing sampai ke kosan, imposibble.  mening nulis yang iseng itung itung Menuhin blog. Maaf kalo tulisan ini kurang berbobot dan tidak ada manfaatnya untuk pembaca Hehe

Tulisan kali ini menceritakan mengenai jurusan kita, jurusan kesehatan lingkungan tercinta, yang mana saya sangat senang masuk jurusan ini, baiklah marilah kita mengucapkan basmallah bersama sama. Bismillahirohmainirohim....

Dulu saya merasa gak beruntung ketika masuk jurusan kesehatan lingkungan. Iya memang siapa yang tahu kesehatan lingkungan? Terdengar awam dibanding perawat, gizi atau farmasi. Saat memilih jurusan ini mungkin dulu saya sedang tidur sambil jalan, gak sadar haha. Dari namanya, hal pertama yang saya pikir adalah persampahan. Siapa yang tidak tahu benda yang menjijikan dan dibuang orang setiap saat, miris sekali kalau kuliah harus jadi tukang sampah. Apa kata Bunia? Eh dunia…

Tapi itu dulu, kini keadaan berubah sejak avatar tiba, eh. Hehe. Iya memang kini berbeda dengan pemahaman awam dulu. Setalah melakukan pembelajaran di kesehatan lingkungan, memang benar belajar ilmu avatar, dari mulai air, udara, tanah, hanya api yang tidak dipelajari, karena buat apa main api? Nanti kebakaran haha. Tapi bukan hanya ilmu avatar yang dipelajari, kami juga mempelajari serangga, sampah, arsitektur, bisnis, seni dan lainlain. Itulah kelebihan dari jursan kami, belajar sambil bermain, eh praktik di lapangan. Senang sekali kuliah disini, banyak kelebihan disbanding jurusan lain. Farmasi, gizi, perawat semuanya lewat, bahkan kedokteran juga lewat. Hehe. Itulah jurusan saya.
Dari semua kelebihan mengenai pembelajaran jurusan saya, ternyata prospek bekerja lulusan kesehatan lingkungan sangat terbuka lebar. Bagaimana tidak bahkan di dunia saat ini banyak mengeluhkan masalah isu lingkungan. Malah terkadang menjadi trending topik yang benar benar urgent harus ditangani. Disinilah kerjaan akan mendatangi kami para ahli lingkungan. Hidup kesehatan lingkungan. !!

Ngomong ngomong tentang prosepk kesehatan lingkungan di dunia kerja, memang banyak sekali peluang yang ada, di rumah sakit tenaga kesehatan lingkungan akan dipekerjakan sebagai Sanitarian lingkungan rumah sakit, yang bekerja mencegah faktor internal dan eksternal dari lingkungan rumah sakit yang bias menyebabkan penyakit lainnya. Kemudian di industry kita bias bekerja menjadi K3LH dan HSE atau K3, tugasnya hanya mengawasi dan mengendalikan sumber bahaya atau hazard di lingkungan kerja industry. Di Puskesmas katanya ahli tenaga kesehatan lingkungan akan langsung dijadikan sebagai kepala puskesmas. Kemudian di tempat umum, misalnya di bandara, pelabuhan, objek wisata, stasiun, hotel, dan lainlain bias bekerja sebagai sanitarian pencegah penyakit. Dan masih banyak lagi pekerjaan lainnya yang menjanjkan, seperti konsultan amdal, konsultan kesehatan lingkungan, membuka bisnis klinik lingkungan, pengusaha sampah dan yang paling edan menjadi mentri kesehatan. Aamiin in kaka :D
Itulah uraian dari jurusan kami. Mulai dari belajar sampai bekerja semuanya menyenangkan dan saya banget. 

Terimakasih telah membaca, untuk para pembaca yang merasa cewe cantik boleh lah di invit pin bb  saya di profil saya. Saya masih jomblo ko.


1 komentar:

KELAHIRAN GAVIN

Sudah lama sekali tidak menulis, padahal banyak momen yang menarik yang seharusnya tertulis tetapi berlalu begitu saja. Saking lamanya tidak...